Aturan E-Business pada Bisnis
System informasi bisnis sekarang ini berkembang
kearah pemanfaatan internet secara maksimal, sehingga dikenallah istilah
e-Business (Electronic Business), dimana aturan eBusiness pada bisnis adalah :
a.
Komunikasi
Yang dimaksud dengan
komunikasi adalah adanya fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya
pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran
secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli. Media
komunikasi yang memadai yang bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi
syarat utama terselenggaranya e-business.
b.
Komersial (Perdagangan)
Sisi komersial yang disyaratkan pada
e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan transaksi online mulai dari
promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pembeli
barang memesan barang tidak memerlukan melihat barang secara langsung tetapi
melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website. Sedangkan untuk
pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem inventory untuk
mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada. Untuk
pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas pembayaran
misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan oleh
pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang cukup.
c.
Proses Bisnis
Setiap pelaku e-Business yang ingin
melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari
e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan
memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama
pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis
jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
d.
Layanan
Bagi setiap institusi yang menjadi
pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya
menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih
terjangkau. Misalnya, dimensi barang yang ditawarkan beserta spesifikasinya
bisa diperiksa lebih seksama sebelum dibeli (diakses melalui website), tidak
diperlukan toko secara fisik, dan bisa diakses dari mana saja dengan
menggunakan internet. Bahkan dengan sistem informasi, customer bisat dilayani
secara khusus dan personal karena data-data aktifitas customer direkam dan bisa
dilakukan analisis untuk meningkatkan pelayanan.
e.
Learning
Untuk meningkatkan "awareness'
baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting
agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan
dari transaksi online. Perbedaan dengan transaksi tradisional adalah pembeli
dan penjual tidak perlu belajar sebelum melakukan transaksi sedangkan transaksi
online karena pengguna maupun pelaku tidak berhadapan dengan manusia tetapi
dengan mesin komputer maka diperlukan proses edukasi agar mereka bisa
menggunakan fasilitas atau media transaksi dengan lancar.
f.
Kolaborasi
Satu siklus transaksi online antara
penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang harus berkolaborasi untuk
menyelesaikan transaksi tersebut. Pada saat pembayaran maka akan terjadi
kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank atau penyedia kartu
kredit untuk menyelesaikan proses pembayaran. Stelah dibayar maka terjadi
kolaborasi antara penyedia shopping online dengan gudang, dan jasa pengiriman
barang untuk mengantarkan barang sampai ke pembeli. Pihak lain yang juga
terlibat adalah pihak asuransi untuk melakukan penjaminan transaksi maupun atas
barang yang dikirim. Kolaborasi yang terjadi dalam e-Business.
g.
Komunitas
Dalam dunia maya (world wide web)
komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna.
Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar
dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna
dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
Perspektif diatas merupakan dasar dari
konsep e-Business yang bisa dikembangkan secara kontemporer dengan
mempertimbangkan kondisi saat ini untuk pengembangan di masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar